Rabu, 28 Oktober 2020

HARAPAN DAN CITA-CITA

 HARAPAN TAK TERCAPAI TAPI INDAH DIAKHIR


Cita-Cita pasti semua mempunyai cita-cita. Semua pasti pernah ditanya kalau sudah besar mau jadi apa ketika sekolah ketika kecil di lingkungan pun cita-cita ditanyakan? Begitu pun dengan saya yang pernah ditanya mempunyai cita-cita apa. Saya  jika ditanya cita-cita saya ingin jadi “POLWAN”. Entah kenapa ingin sekali memakai seragam itu. 

Terkait dengan cita-cita. Cita-cita menurut definisinya adalah keinginan, harapan, atau tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Tidak ada orang hidup jika tanpa cita-cita, tanpa berbuat kebajikan, dan tanpa sikap hidup. Pengertian cita-cita adalah perasaan hati yang merupakan suatu keinginan yang ada di dalam hati. Cita-cita merupakan bagian atau salah satu dari unsur dari pandangan hidup manusia yaitu sesuatu yang ingin digapai oleh manusia melalui usaha. Sesuatu dapat di sebut dengan cita-cita apabila telah terjadi usaha untuk mewujudkan sesuatu yang dianggap cita-cita itu.

Faktor yang menentukan dapat atau tidaknya seseorang mencapai cita – citanya ialah:

Manusia itu sendiri

Kondisi yang di hadapi dalam rangka mencapai cita – cita tersebut

Seberapa tinggi cita – cita yang ingin dicapai.

Faktor kondisi yang mempengaruhi tercapai tidaknya cita – citanya ialah :

Faktor yang menguntungkan dan

Faktor yang menghambat

Dan Saya dilahirkan dari keluarga yang sederhana orang tua hanyalah seorang  petani, dan anak ke 3 dari 5 bersodara. Tetapi walaupun anak petani yang kebetulan rumah berdekatan dengan kantor desa, orang tua khususnya bapak sering ikut kalau ada kegiatan dari kecamatan dan selalu bilangnya “SUKA” melihat laki-laki dan perempuan berseragam mempunyai ilmu dan pendidikan yang sangat cukup layak. Dan terinsfirasi untuk anak-anaknya supaya bisa kuliah. 

Seiring berjalannya waktu, cita-citaku pun terpadam lantaran mau ikut test ke kepolisan “Ibu” tidak menginjinkan. Saya pun mengurungkan niat, karena Ridho Allah tergantung Ridho orang tua dan betapa dahsyatnya doa orang tua , saya menyadari hal itu. Dan semua keputusan saya kembalikan kepada sang Maha Pencipta. Karena dibalik rencananya kita ada rencana Allah yang terbaik.

Walaupun cita-cita menjadi Polwan tidak jadi Alhmadulillah saya bisa mewujudkan cita-cita saya sebagai guru dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Karena dengan semangat penuh keyakinan dan jangan pernah lepas Doa dan yakin dengan apa yang kita inginkan pasti Allah kabulkan apalagi kalau sudah Allah mengizinkan semua pasti indah. Dibalik kejadian ada hikmah yang baik untuk kita jalani dan berjalanlah dengan tekad yang kuat dan penuh semangat untuk meraih cita-cita. Yakinlah semua adalah yang terbaik yang Allah untuk umatnya dengan perjalanan hidup yang berbeda-beda tataplah sabar dan ikhlas menjalankannya.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membantu kamu meraih keberhasilan hidup seperti yang kamu harapkan.

Fokus pada cita-citamu

Jangan takut gagal, karena itu akan membuat dirimu berfikir negatif yang berlanjut

Menghadapi saingan. Tanpa saingan hidup kamu tak akan maju.

Karena dengan sabar suksesmu akan menunggu didepan sana.

Tidak sombong. Jika belum mencapai cita-citamu hindari sikap sombong atau memuji diri sendiri, Allah akan menunda rezeki orang-orang yang sombong.

Selalu berusaha. Tidak muah puas dengan apa yang didapat, sebelum cita-citanya tercapai, tidak akan menyerah untuk selalu berusaha. Seperti engkau memetik bulan di langit, walau sulit namun pelan-pelan mungkin dapat kamu petik jika memang Allah menghendakinya.

Tidak mudah putus asa. Jika sekali gagal, maka jangan cepat putus asa, karena kegagalan ialah sukses yang tertunda. Ciri-ciri orang yang tak pernah sukses ialah mudah putus asa.

Hindari berfikir negatif, karena berfikir negatif akan membuat hidupmu lebih negatif, jika kamu optimis maka kenyataanpun akan terus optimis. Maka berpikirlah dengan positif agar hidupmu lebih berarti dimasa depan nanti, dan apa yang kamu pikirkan menjadi kenyataan dimasa depan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi IPS Kelas 9 "Perdagangan Internasional"

Memuat… MATERI IPS HARI INI 📆  Jum'at, 3 November 2021 Catat Materi IPS dibawah ini : Perdagangan Internasional Pengertian, Tujuan, M...